ASURANSI,IS IT SAFE OUR LIFE???



Dalam artikel sebelumnya saya telah menjabarkan alasan menagapa saya tertarik pada perusahaan air minum kemasan khususnya Aqua. Sedangkan organisasi yang tidak membuat saya tertarik bahkan cenderung saya jauhkan adalah semua jenis perusahaan asuransi. Alasan ketidaktertarikan saya adalah sebagai berikut; 

Alasan pertama adalah saya sangat tidak memahami konsep asuransi itu sendiri, dan diri saya cenderung “enggan” mehaminya. Menurut Wikipedia, Asuransi merupakan bisnis yang merujuk pada tindakan perlindungan finansial untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya dimana akan mendapatkan pengganti finansial dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Setelah membaca pengertian asuransi, tetap saja saya tidak mehami dengan baik konsep kerjanya.



Alasan terakhir adalah ketidak pastian keuntungan dan kerugian bagi pengelola atau penanggung, juga bagi orang yang ditanggung. Penanggung menggunakan ilmu aktuaria untuk menghitung risiko yang mereka perkirakan. Ilmu aktuaria menggunakan matematika, terutama statistika dan probabilitas, yang dapat digunakan untuk melindungi risiko untuk memperkirakan klaim di kemudian hari dengan ketepatan yang dapat diandalkan. Ilmu probabilitas merupakan ilmu yang mempelajari kemungkinan yang akan terjadi pada suatu kondisi. Kemungkinan adalah hal yang tidak pasti, karena tidak ada satu orang pun yang tentang apa yang akan terjadi pada hari esok. Perusahaan asuransi juga mendapatkan keuntungan investasi. Ini diperoleh dari investasi premi yang diterima sampai mereka harus membayar klaim. Uang ini disebut "float". Penanggung bisa mendapatkan keuntungan atau kerugian dari harga perubahan float dan juga suku bunga atau deviden di float. Perubahan float, suku bunga atau deviden yang tidak pasti inilah yang juga membuat ketidak pastian keuntungan atau kerugian bagi penanggung ataupun tertanggung.

Alasan- alasan tersebut yang membuat saya tidak tertarik menjadi bagian dari organisasi tersebut, khususnya menjadi pengelola atau penanggung.



Tugas Teori Organisasi Umum : Merivew organisasi yang membuat anda tertarik.
Dosen                                         : Dr. Aries Budi Setiawan
 


Comments

Popular posts from this blog

Latihan Pascal

LINK BELANJA ONLINE MILLATI

Home Learning with RAF and Bunda Millati