CARA MUDAH MEMULAI JUALAN ONLINE

Gimana sih cara mulai jualan online?

Pertanyaan ini sering banget orang tanyain ke aku. Jawaban aku simple. Yauda mulai aja, jalan aja,  ga usah kebanyakan mikir, ga usah kebanyakan ngitung.. nanti jadinya wacana. Yauda promote langsung cus jualan. Hehe simple aja kan...

Tapi......

Kalo mau diseriusin biar hasilnya juga serius harus belajar pelan-pelan, develop step by step. Jadi lama kelamaan jalannya sebenernya ga asal jalan tapi juga berkembang. (Maafkan kesotoyan ini, ini murni pendapat dari aku yang mana aku udah belajar dari berbagai buku dan talkshow serta dari pengalaman aku sendiri). Disini aku mau berbagi tips supaya jualan online rumahan terlihat agak professional lah ya. Siapa tau nantinya akan jadi perusahaan besar. Amiin. Who knows?.


  • Nama Toko & Logo
Sering banget nih aku jumpai beberapa orang yang aku kenal kalo jualan ya cuma buat sementara aja gitu semacam musiman. Tiba-tiba getol update, tiba-tiba ditelan bumi. Jadi ketika sudah terfikir mau jualan apa, sebaiknya buatlah nama toko. Misal mau jual makanan kekinian, yauda bikin nama apa kitu gitu ya Ini WAJIB. Terus desain logonya. Logo itu bisa berupa simbol, typograph dan masih banyak lagi. Kenapa sih harus pake logo? supaya jualan kalian itu diinget orang. Namanya orang jualan butuh promosi, butuh branding, nah kalo ga punya logo gimana? 

*Gatau mesti bikin logo dimana yang kece tapi murah? bisa ke aku aja... emang ga pro sih tp niat aku bantu orang yang mau ber online shop ria jadi harga nego lah ya (numpang iklan hehe)*
  • Official Account on Instagram
Poin kedua ini juga penting, karena aku juga banyak lihat orang jualan dijadiin satu sama IG pribadi, foto selfie gabung sama produk. Feed juga jadi ga karuan kadang jualannya random beda-beda dan musiman, nanti yang liat pun bingung "jualan apasih sebenernya". Jadi alangkah baiknya buatlah IG baru nanti promosinya boleh di IG pribadi tag IG tokonya. Jangan lupa tulis kontak yang lengkap di bio serta tagline dan info dasar tentang apa yang dijual. *cmiw*

  • Foto Produk
Semaksimal mungkin foto jangan asal. Meskipun media yang dipunya masih alakadarnya, berusahalah supaya foto produk eye catching. Ini aku juga masih jauh dr kata bagus dan pro sih.. karena foto juga masih mengandalkan HP butut serta background ala-ala tapi pokoknya buat supaya menarik dilihat calon pembeli. Biasanya aku edit pake Snapseed atau PicsArt.
  • On Marketplace
Pembeli jaman now, pasti cari yang hemat free ongkir yang ditawarkan oleh beberapa market place (Shopee, Tokopedia, dll) merupakan peluang. So tunggu apa lagi creat your account. 

  • Packaging
Pikirkan packaging , entah menggunakan plastik, pouch, paper bag atau media lain. sesuaikan dengan produk. Tambahkan juga stiker atau media promosi brand toko. 
  • Promosi
Tahap lanjutan kalo semua sudah berjalan lumayan lancar dan sudah mempunyai budget untuk promosi. Promosi bisa berupa paid promote, pasang iklan di IG, endorse, giveaway jadi sponsor event dan masih banyak lagi media promosi lainnya.
  • Pembukuan 
Ini hal yang hampir semua orang males. Karena kesibukan dan lain sebagainya sampai tak punya waktu untuk melakukan pembukuan. Pembukuan itu penting supaya tau jualan kita ini untung gak sih, berkembang apa nggak. Pembukuan seperti laporan keuangan, kas, laba rugi dll. Sekarang banyak aplikasi-aplikasi gratis untuk pembukuan.
  • Selalu berinovasi dan bisa memperkerjakan orang lain seperti admin, tim packing. Jadi bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

_______


Masih banyak lagi sih sebenernya dan akupun masih banyak belajar biar semua olshop aku bisa makin professional. Kalo kita lakuin secara pribadi dan modal sangaaaaaaat minim. Just do a baby step. Tenang pelan2. Yang terpenting adalah niat. NIAT. Niat untuk konsisten dan ga goyah tiba2 tutup di tengah jalan. Karena pesaing ribuan, kemalesan kadang mendominasi, kesibukan lain menyita waktu. Tapi apapun rintangannya harus tetep bertahan dan bismillah inovasi terus. Jangan pernah untuk takut bermimpi sejuta paket perhari.

 
Jadi inget pertama @millati_flightshop muncul. Untung perbulan ga sampe 150rb 😂 dan aku inget banget dan sangat berterimakasih untuk pembeli pertama @rinakusrina Terimakasih rin, udah buat percaya kalo @millati_flightshop Bisa dikenal di dunia aviasi. Alhamdulillah skg udah mau 4 th berjalan udah menghasilkan buat nambah2in modal sovenir pas nikah, oleh2 pas honeymoon, buat jajan pas nemenin ayah dinas ke phuket, dan lumayan buat perlengkapan Raf yang dr hamil selalu ada aja kan ya yang dibutuhin. 


Yauda yang pengen jualan online ga usah mikir lagi yuk semangat 😬

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Pascal

Home Learning with RAF and Bunda Millati

LINK BELANJA ONLINE MILLATI